Share with Mr Ippho Santosa





Mengatur Personal Finance


Berikutringkasanmateritentangbagaimanamengatur personal finance yang disampaikanoleh Mr. IpphoSantosapadakelas start up dan grow up kampusBisnis Umar Usman tanggal 2 oktober 2014 yang lalu.
Yang pertama kali hal yang haruskitalakukanadalahmemastikankitatidakmempunyaiutangkonsumtifdengan kata lain, utangkonsumtif = 0 ( Nol ).

Nah,…apaituutangkonsumtif???HutangKonsumtifmerupakanhutang yang digunakanuntukkeperluankonsumtif, misalnyamembelibarang yang digunakanuntukkonsumtif, sepertimakan, beli gadget, kuliah, keluarnegeri, menikah, dll.. 
(daripembelian/penggunaannyadiatidakmenghasilkanapa- apa, tapimalahmengeluarkanbiayapenyusutan) 
yang secaralogikanilaidaripembeliantersebutdapatterusmenerun, sepertiharga gadget yang turunsetelah 1 bulandanseterusnya.

KeluardariKemiskinan
Memulaiusahatanpamodal :
a.       Menjaldiri( dapatdilakukandengancaramenjual skill ataujasa yang kitamiliki, misalnyakitajago design kitabisamenjualjasauntukmendisigndansebagainya yang jelasdalamhalpositifdantoyib yah heheh).
b.      Memindahdannilaitambah ( contohnyasepertiini, kitapergikepenjualbakso A yang tempatberjualnnya di pinggiranjalanatau kaki lima mungkinsatumangkoknyakitamasihbisamendapatkanhargaRp. 8.000,- , kemudiankitamelakukan tester kepenjualbakso B yang berjualan di mall danhargasatumangkoknya missal Rp. 25.000,- kemudiansetelahkitamerasakandua – duanyaternyatarasanyasama-samaenak, nah di siniadanilaipeluang yang bisakitadapatkan. 

CaranyayaitudenganmembelibaksodaripenjualA yang tempatnya di pinggiranjalan, kemudiankitajual di posisiatautempatsepertipenjual B lakukan. Nah inilah yang yangdimaksuddenganmemindahkemudianmemberinilaitambah).
c.       Menjadipengusahapujasera.
d.      Menjadipengusahakavling.

e.      Menjadi master frenchise.
Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar