islam dan wirausaha by Ust Nur Saudi

Pemateri : Ust.Nursaudi                                                                                                                                           Judul materi : Islam dan wirausaha

Q.S Al-baqarah : 2
2:2
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa
Saudara sekalian yang di rahmati allah swt, sering kita dengar bahwa setiap ustaz atau penceramah yang ceramah di majlis-majlis di mesjid-mesjid dan di tempat –tempat lain mereka semua berceramah menjelaskan tentang hukum-hukum islam dan semua ajaran islam, tetapi jarang atau sedikit yang kita dengar bahwa  mereka bercerita atau berceramah tentang wirausaha atau berbisnis, padahal islam itu adalah agama yang  menyeluruh yang tidak ada keraguan padanya.

Q.S Al-baqarah : 208
2:208Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
Saudara sekalian yang di cintai allah, sungguh islam itu bukanlah agama yang hanya mempelajari ilmu tauhid,piqih tetapi islam itu  adalah agama yang menyeluruh sungguh semua sudah di ajarkan di dalam alquran, alquran mengejerkan tentang berpolitik,berwirausaha, jika umat islam itu megajarkan atau mempelajari islam itu akan di biarkan tapi jika islam mempelajari atau ikut campur tentang politik maka akan di intai atau di waspadai dan tetapi jika umat islam mengajarkan atau mempelajari tentang ekonomi maka akan di cegah.
Saudara sekalian yang di cintai allah, mengapa kita sebagai seorang muslim harus mempelajari berwirauasha, kita lihat sari tauladan kita rasulullah dan para sahabat mereka bukanlah orang-orang miskin  melainkan mereka adalah orang-orang kaya yang dermawan, apakah pekerjaan mereka tidak lain mereka adalah pembisnis, sungguh apa yang di katakan oleh rasulullah bahwa 9 dari 10 pintu rejeki itu ada di berwira usaha. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim harus berbisnis/berwirausaha.
Coba kita lihat di indonesia yang umat muslim terbanyak di dunia apakah pekerjaan mereka, sebagian besar dari  mereka menjadi pegawai,babu,pesuruh, jarang sekali kita lihat umat muslim yang menjadi bos atau pemimpin suatu perusahaan, melainkan mereka orang-orang asing orang non muslim yang menjadi bos yang menjadi raja bagi orang-orang muslim. Terus mana umat muslim yang lainya apakah kita sebagai seorang muslim tetap jadi babu orang-orang non muslim tentu jawaban nya adalah tidak, padahal rasulullah sudah mengajar cara mendapatkan rejeki itu sebagian besarnya itu dengan cara berbisnis sesuai yang di contohkan oleh rasulullah sendiri beliau berbisnis dari pasar satu kepasar yang lain, maka dari itulah kita harus berbisnis/berwirausaha karna umat islam itu tidak akan maju jika tidak ikut campur di dalam politik dan ekonomi/berwirausaha.
Q.S Ali-imran : 14.15
3:13
3:15

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
                                                                                                                                    

Sesungguhnya allah swt akan menguji bagi hamba-hambanya yang beriman dan bertaqwa kepadanya, allah swt tidak akan menguji hambanya dengan harta jika hambanya mampu melewati ujian tersebut tetapi allah swt  akan mengujinya melalui wanita. Dan allah swt tidak akan menguji hambanya melalui wanita jika hambanya mampu melewati ujian tersebut namun allah swt akan menguji hambanya melalui tahta. Dan allah swt tidak akan menguji hambanya melalui tahta jika hambanya mampu melewati ujian tersebut namun allah swt  akan mengujinya melalui harta.

25:20
Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu maha Melihat.

Ayat di atas menjelaskan bahwa para nabi dan rasul itu mendapatkan hasil atau rejeki melalui pasar artinya mereka adalah seorang pembisnis yang medapatkan rejeki dari hasil berbisnis melalui pasar-pasar, yang di maksud dengan pasar bukan hanya perkumpulan orang ramai yang terdapat jual beli, namun jika ada dua orang yang bertemu yang menceritakan tentang bisnis atau jual beli maka itu sudah katakan pasar.


4:29
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.


Yusuf mansur berkata bahwa jika ingin menjadi seorang pengusaha itu mudah namun kita sebagai seorang muslim bukan hanya menjadi seorang pengusaha yang biasa namun kita menjadi seorang pengusaha yang berkah yang memberi manfaat bagi orang lain yang tau hukum-hukum di dalam islam yang dilarang di dalam berbisnis seperti riba’ dan lain, maka kata yusuf mansur njika ingin menjadi seorang pengusaha itu mudah tapi yang menjadi pengusaha yang sukses xdan berkah yang memberi manfaat bagi orang lain itu baru luar biasa.
Itulah mengapa kita sebagai seorang muslim penting dalam mejalankan usaha karna drasulullah juga menjelaskan 9 dari 10 pintu rejeki itu dari berbisnis atau berwirausah dan semoga kita semua umat muslim mampu menjadi pengusaha sukse berkah yang bisa memberi manfaat bagi orang banyak dan juga bisa memajukan umat islam di dunia... Aamiin ya rabal alamiinn



Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar